Cikal Network

Monday 6 June 2016

MODIFIKASI BENTUK “SCREEN” PADA PRESSURE SCREEN UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS ACCEPT

        Pressure Screen dan Kegunaannya
Pressure Screening adalah proses kunci dalam produksi pulp dan kertas dan digunakan untuk meningkatkan kualitas berbagai produk pulp dan kertas. Sedangkan tujuan utama pada screening yaitu untuk menghilangkan oversize contaminant dengan meminimalisir fiber loss dan cost.
Dalam aplikasinya pada sistem approach flow, pressure screening adalah tahap akhir pembersihan sebelum memasuki headbox, dan mesin ini biasa disebut headbox screen atau machine screen. Hal ini digunakan untuk melindungi headbox dan mesin kertas dari benda asing, untuk menghilangkan debris dan dirt, untuk deflokulasi stock dan meningkatkan formasi.

       Bentuk Sreen plate
Screen adalah bagian penting dalam hal screening. Slot screen memiliki efisiensi yang lebih unggul dalam hal penghilangan shive daripada Hole Screen. Namun hole screen memiliki kapasitas yang baik karena open area yang sifatnya lebih besar. Hole screen digunakan untuk menghilangkan kontaminan yang sifatnya long debris sedangkan slot screen untuk kontaminan yang bersifat cubical debris.
   

        Ide Modifikasi bentuk screen untuk meningkatkan kapasitas accept
·   Saya akan memilih slot screen yang dimodifikasi menjadi berkontur dan memiliki wedge wire. Karena permukaan yang berkontur diharapkan membuat kapasitas slot screen meningkat.
·   Disisi lain wedge wire juga sepertinya nampak membuat peningkatan dalam hal open surface area pada screen plate
·   Kemudian, Meningkatkan ukuran aperture yang diharapkan juga bisa meningkatkan kapasitas walaupun dapat menurunkan efisiensi.
·   Perhatikan posisi lubang yang kurang baik penempatannya yang kaitannya dengan profil bisa mengurangi kapasitas 50-80%.
·  Lubang yang terlalu dekat satu sama lain bisa terjadi stapling untuk serat panjang dan mengurangi kapasitas.
·    Dalam kondisi mesin mati, meningkatkan kapasitas accept bisa dilakukan dengan menurunkan konsistensi, dan menaikkan tekanan (cek pengaturan di DCS) jelas bisa meningkatkan kapasitas accept.
   


Kesimpulan
Dari hasil kajian pustaka dan ide-ide yang saya dapatkan, saya dapat menyimpulkan beberapa hal
· Slot screen yang dimodifikasi menjadi berkontur dan memiliki wedge wire membuat kapasitas slot screen meningkat.
·  Meningkatkan ukuran aperture diharapkan juga bisa meningkatkan kapasitas walaupun dapat menurunkan efisiensi
·  Lubang harus dalam penempatan jarak yang baik karena terlalu dekat satu sama lain bisa terjadi stapling untuk serat panjang dan mengurangi kapasitas.




DAFTAR PUSTAKA

Hanna Jokinen. (2007). Screening and Cleaning of Pulp — A Study to The Parameters Affecting Separation ; Faculty of Technology, Department of Process and Environmental Engineering, University of Oulu
ARI ÄMMÄLÄ. (2001). Fractionation of Thermomechanical Pulp In Pressure Screening –- An experimental study on the classification of fibres with slotted screen plates ; Department of Process and Environmental Engineering, University of Oulu

Ir. Tri Prijadi Basuki. (2015). Fine Slotted Screening & Screening
Share:

0 comments:

Post a Comment

Anything for my information

Its my profile

My photo
Karawang, Jawa barat, Indonesia
My Full Name is Fauzi Cikal Antariksa. You can call me "Cikal". I live in Karawang, Perumnas - Galuh Mas street. My Principal : "Di awali dengan harapan, di akhiri dengan kepastian"

Followers

Popular Posts

Signature

Masa Lalu bukan momok yang menakutkan, kiranya kita dapat menjadikannya pembelajaran, untuk perubahan di masa depan -c-

Pages

visitor :

Flag Counter